Type bus hino rk8/r260

1.Hino RK


Hino RK, bisa dibilang adalah salah satu tipe bus yang paling dominan dipakai di Indonesia khususnya di Pulau Jawa setelah Mercedes dengan armada mesin belakangnya yang berkode OH. bagi penumpang awam mungkin masih sulit membedakan bus antara Hino RK keluaran baru (RK8) dengan bus keluaran lama Hino RKT / RK2HR, dikarenakan memang sekilas keduanya memiliki tampilan yang hampir persis sama..



Bus keluaran Hino ini didaulat sebagai pengganti Hino RG yang memiliki rentang produksi medio 1990 an sampai 2007 akhir. untuk tipe yang diproduksi bersamaan dengan Hino RG adalah Hino RKT (T untuk Turbo). Hino RKT ini didaulat sebagai solusi bagi para penyedia jasa angkutan bus untuk dapat memiliki bus yang sanggup melahap berbagai medan dan tentu saja Price-nya diset lebih murah dibanding RG supaya mampu terserap dengan baik oleh banyak perusahaan.
Output power yang dihasilkan mesin berkubikasi 6728 cc pun maksimal 210 Horsepower pada 2800 rpm, dan torsi sebesar 590 Nm pada 1.800 rpm, hampir persis dengan produksi Tenaga Mercedes OH 1521 yang berkisar di angka segitu.

Bus keluaran Hino ini didaulat sebagai pengganti Hino RG yang memiliki rentang produksi medio 1990 an sampai 2007 akhir. untuk tipe yang diproduksi bersamaan dengan Hino RG adalah Hino RKT (T untuk Turbo). Hino RKT ini didaulat sebagai solusi bagi para penyedia jasa angkutan bus untuk dapat memiliki bus yang sanggup melahap berbagai medan dan tentu saja Price-nya diset lebih murah dibanding RG supaya mampu terserap dengan baik oleh banyak perusahaan.
Output power yang dihasilkan mesin berkubikasi 6728 cc pun maksimal 210 Horsepower pada 2800 rpm, dan torsi sebesar 590 Nm pada 1.800 rpm, hampir persis dengan produksi Tenaga Mercedes OH 1521 yang berkisar di angka segitu.
Untuk interior sendiri sangat bisa dibedakan, RKT masih memiliki rupa kemudi dan instrumen yang sama persis seperti Hino RG, Sedangkan Hino RK8 sudah mengalami penyegaran terutama di desain setir yang lebih sleek, dan tidak terlalu besar diameternya.
Hino RKT dan RG memiliki instrumen kemudi yang sama persis. pembedanya dari bentuk setir dan speedometer hanya menunjukkan maksimal 120 km/h saja
RK8
Sedangkan hino RK8 terlihat lebih rounded tanpa garis garis kaku, speedometer menunjukkan maksimal 140 km/h
Hino RK8 ditenagai oleh mesin Diesel 6 silinder berkode J08E-UF.. dengan kapasitas 7684cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksinal hingga 260 ps dan torsi maksimal 750 nm, memang banyak chasis bus yang lebih besar tenaganya.. tapi di jalanan Hino RK8 tetap saja menjadi salah satu bus pelari yang di segani.. tak salah juga jika chasis ini kemudian juga menjadi chasis andalan bagi bus bus jet darat ..
Awansan sendiri sudah sering naik bus dengan chasis ini, sebut saja duo jet darat dari Jawa Timur Po Eka dan Po Sumber group, yang memang pake Hino Rk sebagai chasis andalan mereka. Bagi awansan hal yang paling inovatif dari Hino RK8 adalah masalah suspensi, dibanding generasi bus Hino RK sebelumnya Hino RK8 mempunyai suspensi yang lebih soft, well tentunya hal ini sangat berpengaruh bagi kenyamanan penumpang, bahkan bagi bokong awansan yang maniak mercy pun ternyata bisa menerima mental mentulnya bus ini , walau belum bisa ngalahin mentulnya OH 1518 King atau OH 1521 😁😁.. menurut awansan lhoo, kalo punya pendapat lain juga bebass. tiap bokong orang punya selera masing masing ..
maka tak heran apabila bus ini kemudian laris maniss di pasaran Indonesia baik untuk bus kota, bus antarkota maupun bus wisata, Bahkan di sektor wisata yang pada tren awalnya banyak menggunaan armada bus Mercedes-Benz kini sudah mulai digeser oleh Hino RK ..
Hino RK8 mudah dikenali dari dashboardnya, nampak speedometeer Khas Hino RK yang dilengkapi tachometer, kemudian terletak Handbrake di sebelah kanannya.. pun dengan kemudi yang bentuknya lebih manis, tidak sekaku generasi sebelumnya.

Hino RK8 R260
Model R260 (J08E-UF)
Tipe Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
Tenaga Maks (PS/rpm) 260 / 2500
Isi Silinder 7684 cc
Max Torque 750nm @ 1500
Standard Emisi Euro II
Kopling Single Dry Plate, with Coil Spring
Transmisi Manual 6 tingkat percepatan
Oli Mesin 12,7 liter
Jarak Sumbu roda 6000mm
Panjang Total 11270mm
Total Lebar 2440mm
Lebar Jejak Depan FR Tr 2040mm
Lebar jejak Belakang RR Tr 1840mm
Julur Depan FPH 2200mm
Julur Belakang ROH 3070mm
Ban dan Velg 10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
Tipe Integral Power Steering
Radius Putar 9.2
Tipe Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
Rem Utama Full Air,with Two Circuit
Rem Parkir Spring Brake
Rem Mesin With On Exhaust Pipe
GVWR 14,2 ton
Tangki Solar 270 Liter

Komentar

Postingan Populer